Parenting
October 6, 2017

Vitamin dan zat penting utk hamil

Bagi anda yang sedang berusaha dan sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya mencukupi kebutuhan akan vitamin dan zat penting dibawah ini.

  1. Vitamin B6

Vitamin ini dapat membantu pengaturan hormon dan siklus haid, serta berperan penting dalam perkembangan sel telur dan sperma.

Banyak terdapat dalam: Pisang, kacang-kacangan, gandum, susu, telur, alpukat, bayam, kembang kol, brokoli, bawang putih, dan daging sapi.

  1. Vitamin B 12

Vitamin B 12 dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan anemia. Vitamin B 12 juga dapat membantu  mengatur level hormon estrogen serta meningkatkan kualitas dan produksi sperma.

http://natural-fertility-info.com/vitamin-e-essential-to-improve-fertility.html Dikatakan juga bahwa vitamin B 12 dapat mengurangi resiko keguguran pada saat hamil.

Banyak terdapat dalam: Kerang, ikan, susu, keju, telur dan daging merah.

  1. Vitamin C

Vitamin C dapat membantu memperbanyak jumlah sperma dan mempengaruhi motilitas sperma (laju gerak sperma dalam mencapai sel telur), serta mencegah kerusakan DNA pada sperma, sehingga mengurangi resiko keguguran. Pada wanita vitamin C juga berperan penting dalam menyeimbangkan hormon-hormon.

banyak terdapat dalam: Jeruk dan sejenisnya, tomat, brokoli, kentang, cranberry, paprika merah, dan kol.

  1. Vitamin D

Vitamin D dibutuhkan untuk memproduksi hormon-hormon yang  akan mempengaruhi ovulasi dan keseimbangan hormon.

Seorang ibu hamil membutuhkan kadar vitamin D yang tinggi, baik untuk pertumbuhan tulang sang bayi dan untuk kesehatan sang ibu. Menurut americanpregnancy.org http://americanpregnancy.org/pregnancy-health/vitamin-d-and-pregnancy/ , dibutuhkan kadar vitamin D 4000 IU  sehari untuk memperkecil resiko bayi lahir prematur dan infeksi pada bayi. Dengan demikian, ada baiknya jika mempersiapkan kadar vitamin D yang cukup sejak persiapan kehamilan.

Banyak terdapat dalam: telur, susu dan ikan salmon. Juga bisa didapatkan dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi 15 – 20 menit sehari.

 

  1. Vitamin E

Vitamin ini dapat meningkatkan kesehatan sperma serta laju gerak sperma, dan juga sebagai antioksidan untuk melindungi DNA Sel telur dan sperma.

Dalam naturalfertilityinfo.com http://natural-fertility-info.com/vitamin-e-essential-to-improve-fertility.html , dikatakan bahwa konsumsi vitamin E sebanyak 600 IU sehari (atau 50 IU jika ada tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau diabetes) dapat membantu mencegah keguguran pada saat hamil.

Banyak terdapat dalam : kacang almond , kacang kenari (walnut) , pepaya, bayam, sayuran hijau, tomat, alpukat, asparagus, rumput laut, brokoli, ubi, kiwi (hijau) dan buah berries.

  1. Asam Folat

Asam folat berperan penting pada perbaikan DNA sel-sel tubuh kita. Sehingga pasangan yang sedang menantikan buah hatinya, baik suami dan istri , ada baiknya untuk mengkonsumsi asam folat agar kelak janin yang tumbuh mempunyai DNA yang baik. Penelitian juga telah membuktikan bahwa konsumsi asam folat pada saat kehamilan dapat memperkecil kemungkinan bayi lahir cacat.

Dianjurkan mengkonsumsi 400 – 600 mcg Asam Folat tiap hari.

Banyak terdapat dalam: bayam, asparagus , brokoli, sawi, okra, lemon, pisang, jeruk, tomat dan jamur.

 

  1. Zat besi (Iron)

Menurut  Parentdish.co.uk, http://www.parentdish.co.uk/pregnancy-and-birth/10-best-fertility-superfoods-to-help-you-conceive/#!slide=aol_1256905  wanita yang tidak mendapat asupan zat besi yang cukup dapat berakibat pada tingkat ovulasi yang rendah dan kesehatan sel telur yang kurang baik.

Zat besi adalah bahan utama pembentukan hemoglobin, yang sangat berguna demi sirkulasi darah yang lancar dan mencegah anemia. Seorang wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan sebaiknya mempersiapkan jumlah hemoglobin yang tinggi untuk mencegah terjadinya anemia pada saat hamil, karena pada saat hamil terjadi peningkatan sel darah secara drastis dan diperlukan hemoglobin untuk semua sel darah tersebut. Anemia pada saat kehamilan dapat berisiko pada kelahiran prematur serta berat badan bayi yang rendah.

Banyak terdapat di: tahu, daging sapi, dan bayam.

 

  1. Omega -3

Omega -3 dapat  meningkatkan kesuburan dengan membantu pengaturan hormon, meningkatkan ovulasi dan meningkatkan kualitas rahim wanita.

Banyak terdapat dalam: ikan salmon, udang, scallops, ikan sarden, dan kacang kenari (walnut)

  1. Selenium

Selenium merupakan salah satu zat antioksidan yang berguna melindungi sperma dan sel telur dari radikal bebas. Radikal bebas dapat mengakibatkan kerusakan kromosom, yang merupakan salah satu penyebab utama keguguran dan cacat pada kelahiran. Pada pria, zat ini juga bisa memperbanyak jumlah sperma.

Banyak terdapat dalam: hati, ikan tuna, salmon, sarden, dan udang.

 

  1. Zinc

Zinc merupakan salah satu zat terpenting untuk hamil. Pada wanita, zinc berguna mengatur kadar hormon progesteron dan estrogen, serta meningkatkan fungsi sistem reproduksi. Tingkat zinc yang rendah http://natural-fertility-info.com/fertility-diet juga dikaitkan dengan keguguran pada awal kehamilan.

Pada pria, zinc merupakan salah satu zat yang paling penting untuk meningkatkan fungsi dan kualitas sperma.

Banyak terdapat dalam: daging sapi dan kambing, biji sesawi, yogurt, kacang-kacangan dan udang

 

Ingin tahu makanan apa saja yang dapat meningkatkan kesuburan? Silahkan lihat disini!

 

 

SOURCE

http://www.parentdish.co.uk/pregnancy-and-birth/10-best-fertility-superfoods-to-help-you-conceive/

http://www.babycenter.com/0_iron-deficiency-anemia-in-pregnancy_3073.bc

http://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-1017-folic%20acid.aspx?activeingredientid=1017&activeingredientname=folic%20acid

The Natural Fertility Diet: How to Eat for Optimal Fertility

Sample Page