9 Cara alami mengobati sembelit
October 12, 2017
October 12, 2017

FruitsVeggie3

Bla bla


kljiojioyvvkhkjojpokopko

Seberapa seringkah kita membuang sayuran, buah atau daging hanya karena telah rusak dan membusuk?

Jika ternyata cukup sering hal ini terjadi pada kita, mungkin ada baiknya kita mempelajari lebih tentang bagaimana cara dan seberapa lama sebaiknya kita menyimpan makanan.

 

Seberapa lama kita dapat menyimpan makanan?

Chart yang terdapat dalam RealSimple.com  ini dapat menjadi petunjuk dasar kita tentang berapa lama kita sebaiknya menyimpan berbagai jenis daging, sayuran, buah dan makanan minuman lain di kulkas ataupun dalam suhu ruangan biasa. Disini dikatakan misalnya, untuk ayam, jika belum dibuka dari kemasan bisa disimpan di kulkas (bagian bawah) sampai 2 hari, sedangkan dapat disimpan sampai 6 bulan di bagian freezer (kulkas bagian atas). Untuk Telur, dapat disimpan sampai 5 minggu di kulkas bagian bawah, sedangkan untuk bayam, kale dapat disimpan sampai 3 hari.

 

Tips menyimpan makanan dalam kulkas

Untuk menyimpan makanan dalam kulkas juga perlu diperhatikan caranya. Cara penyimpanan makanan yang salah juga dapat membuat makanan jadi cepat membusuk. Menurut Vegetariantimes.com, beberapa buah dan sayuran sebaiknya tidak disimpan bersamaan karena ada buah-buah tertentu yang dapat melepaskan gas etilen dan beberapa sayuran sensitif terhadap gas tersebut sehingga dapat mengakibatkan sayuran menjadi cepat membusuk.

Beberapa buah yang dapat dengan mudah melepaskan gas etilen:

Apel, aprikot, melon, kurma, alpukat, pisang, peach, nectarine, pear, plum, tomat.

Sebaiknya jangan simpan buah-buah tersebut dalam satu plastik bersama dengan sayuran, tapi simpanlah di plastik yang berbeda ataupun tempat yang agak berjauhan dari satu sama lain.

Namun sebaliknya, jika ingin lebih cepat mematangkan tomat, atau peach, atau buah lainnya bisa dicoba ditempatkan dalam satu plastik dengan pisang ataupun buah lain yang dapat mudah melepaskan gas etilen yang sudah matang.

Dalam menyimpan makanan sisa, sebaiknya disimpan dalam wadah/container tertutup. Dan sebaiknya menggunakan wadah dari gelas. Wadah yang terbuat dari plastik, baik itu adalah BPA free atau bukan, sebaiknya dihindari. Seperti yang telah ditulis dalam foxnews.com , penggunaan plastik BPA free bisa menjadi sama berbahayanya dengan plastik dengan BPA.

Lihat panduan ini untuk cara-cara menyimpan tiap – tiap jenis makanan dan minuman dalam kulkas termasuk keju, susu, cereal, roti, apel, pisang, sayuran dan sebagainya.

Panduan menyimpan makanan dalam freezer

Banyak makanan yang ternyata dapat disimpan dalam freezer agar dapat lebih tahan lama, asal kita tahu cara-caranya. Disini dapat dilihat apa saja makanan yang sebaiknya tidak dibekukan, dan bagaimana cara membekukan tiap-tiap makanan, seperti : pisang, alpukat, wortel, jagung, mentega, bayam, jamur, daging dan sebagainya.

Semoga kita tidak akan lagi sering membuang makanan hanya karena telah rusak dan membusuk.